Taman Taman Vertikal Menarik

Kebutuhan bangunan yang membuat nya­man, sehat, hemat energi di tengah terbatasnya lahan membuat beberapa orang menggunakan inovasinya masing-masing. Seperti halnya, taman. Sedikitnya lahan dan minimnya ruang terbuka hijau memaksa orang harus memutar ide, salah satunya pembentukan vertikal garden.

Berikut beberapa vertikal garden (taman vertikal) menarik di beberapa tempat.

Pertama, taman vertikal (vertikal garden) di Roz­zano Milan Italia diarsitekturi Francesco Bollani.

Ta­man vertikal yang ada di dinding komplek pusat perbelanjan Diordaliso ini memiliki ratusan tanaman. Bangunan ini tercatat di The Gueness World Record sebagai Vertical Garden terbesar di dunia, bahkan menggeser rekor Taman Vertikal di Madrid Spanyol.

Berikutnya, taman vertikal di Seoul, Korea Selatan yang didaulat sebagai taman vertikal terpanjang di dunia. Taman ini berada di jantung kota yang pem­bangunannya diprakarsai pemerintah setempat.

Lalu, Dubai, kota di Uni Emirat Arab ini memiliki vertikal garden, bahkan di hotelnya. Salah satunya, Sofitel Palrm Jumeirah Dubai, di koridornya terdapat juntaian taman vertikal.

Sri Lanka juga memiliki vertikal garden yang cu­kup membuat kesan ‘wah’. Dibangun dengan 46 lantai, bangunan tinggi ini menjadi world’s tallest vertical garden di dunia. Bangunan ini disebut Clearpoint Residencies dan diprakarsai firma Milroy Perera and Maga Engineering.

Dipublikasikan kembali dari: http://harian.analisadaily.com/arsitektur/news/taman-taman-vertikal-menarik/259381/2016/08/27

Tags